Nasional

Lewat Sinergi, Bea Cukai Dorong Pertumbuhan UMKM di Sleman dan Bangka

INDOPOSCO.ID – Dorong perkembangan UMKM untuk ekspor, Bea Cukai Yogyakarta dan Bea Cukai Pangkalpinang jalin sinergi dengan pemerintah daerah di masing-masing wilayah. Sinergi ini diwujudkan melalui beragam kegiatan seperti asistensi, forum diskusi, hingga pelatihan ekspor.

“UMKM adalah penggerak ekonomi yang luar biasa, bahkan mampu menyumbang 65% PDB, juga turut serta dalam menyerap dan membuka lapangan kerja di Indonesia,” ungkap Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai, Encep Dudi Ginanjar.

Di Yogyakarta, Bea Cukai turut serta dalam kajian dan analisis pasar industri kecil menengah (IKM) berorientasi ekspor Kab. Sleman. Kegiatan ini digelar pada Kamis (4/7/2024) oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kab. Sleman menggandeng Bulaksumur Consulting. Selain Bea Cukai, untuk memperdalam hasil kajian yang telah dilakukan, kegiatan ini juga dihadiri oleh Disperindag Provinsi DIY, Gabungan Perusahaan Ekspor Indonesia (GPEI) DIY, dan Pusat Studi Perdagangan Dunia UGM.

“Dalam kegiatan tersebut kami juga menekankan bahwa saat ini pengajuan ekspor dapat dilakukan secara online melalui CEISA 4.0. Namun jika masih terdapat kendala, silakan datang ke kantor untuk mendapatkan asistensi secara langsung,” ungkap Encep.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button