Nasional

MenPAN RB Dukung Penguatan Transformasi Polri

INDOPOSCO.ID – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Abdullah Azwar Anas mendukung penguatan transformasi Polri yang dilakukan secara berkelanjutan pada grand design kelembagaan, digitalisasi, serta budaya dan sumber daya manusia.

Anas berharap forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Polri dapat mendorong perwujudan polisi yang humanis dengan orientasi pelayanan citizen centric.

“Polisi humanis berperan penting dalam membangun kepercayaan publik melalui pendekatan yang lebih empati dan memahami kebutuhan masyarakat,” kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, seperti dilansir Antara, Selasa (9/7/2024).

Menurutnya, hal tersebut selaras dengan tekad transformasi digital pemerintahan yang bersih, efektif, dan berdaya saing.

Anas memberikan contoh praktik baik pada tiga negara yang melakukan reformasi kepolisian, yaitu Denmark, Australia, dan Amerika Serikat.

Ketiganya menunjukkan bahwa reformasi mengarah pada branding polisi yang humanis dan pemanfaatan teknologi, termasuk kompetensi dalam penggunaan teknologi yang harus dimiliki aparat kepolisian.

Lebih lanjut, Anas mengatakan upaya Polri dalam memperkuat penguasaan teknologi dapat dilakukan melalui penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button