Nasional

Saling Jaga Perempuan Lewat Kegiatan Voluntrip dan Tur Buku Bersama Kitabisa

INDOPOSCO.ID – Kitabisa mengajak perempuan Indonesia untuk saling jaga satu sama lain. Melalui gerakan Kawanpuan, bersama penulis dan aktivis Perempuan Kalis Mardiasih dan aktris serta aktivis Perempuan Hannah Al Rashid, Kitabisa mengadakan kegiatan Voluntrip Kawanpuan. Tujuannya untuk memberikan dukungan dan pengetahuan kepada masyarakat terkait kekerasan terhadap perempuan dan Kekerasan Berbasis Gender Online (KBGO).

Voluntrip Kawanpuan kali ini tidak hanya mengajak peserta untuk berdiskusi dan membahas buku “Luka-Luka Linimasa” karya Kalis Mardiasih, tetapi juga mempraktikkan cara-cara untuk menyikapi KBGO dan cara mengantisipasinya.

Kalis Mardiasih, dalam buku dan acara ini turut menjelaskan perbedaan relasi kuasa secara luring (offline) maupun daring (online) yang berujung pada KBGO. Secara luring, relasi kuasa dapat berupa perbedaan fisik, jabatan, atau umur. Sementara pada relasi kuasa daring, pelaku tidak diketahui identitasnya. Hal ini yang membuat proses pengambilan keputusan atau penanganan menjadi pasif.

Hannah Al Rashid, sebagai salah satu inisiator terbentuknya gerakan Kawanpuan juga ikut menyampaikan pengalamannya selama ini berada dalam industri yang didominasi oleh laki-laki.

“Jadi perempuan di industri hiburan itu gak gampang, se simple pemenuhan hak kita terhadap air bersih apalagi saat lagi datang bulan itu sulit banget aksesnya apalagi kalau lagi di lapangan atau shooting, gak heran banyak teman-teman perempuan akhirnya gak lama di industri ini,” ujarnya.

Lebih lanjut, untuk menunjukkan bentuk konkret komitmen dalam menjaga perjuangan para pemerhati dan penggerak isu perempuan, Kitabisa memberikan penghargaan berupa perlindungan Asuransi Jiwa Saling Jaga untuk 500 orang para pejuang isu perempuan.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button