Nasional

ASN Ditjenpas Berbalut Pakaian Adat Nasional pada Peringatan Hari Lahir Pancasila

INDOPOSCO.ID – Aparatur Sipil Negara (ASN) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan (Ditjenpas) berbalut pakaian adat nasional pada peringatan Hari Lahir Pancasila di Lapangan Merah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), Sabtu (1/6). Tak hanya ASN Ditjenpas, seluruh ASN Kemenkumham juga mengenakan pakaian adat nasional dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kala membacakan pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila RI, Razilu selaku Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Hukum dan Hak Asasi Manusia memaparkan peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024 mengambil tema ‘Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045’.

“Tema ini mengandung makna bahwa Pancasila menyatukan kita dengan segala perbedaan suku, agama, budaya, dan bahasa dalam menyongsong 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri dan berdaulat,” ujarnya.

Razilu menyampaikan agar seluruh komponen bangsa bahu-membahu membumikan nilai-nilai Pancasila ke dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. Pancasila terbukti mampu memersatukan Indonesia dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah. Dampaknya, Indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar sampai saat ini.

Di sisi lain, Pancasila juga menjadi penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi.

“Dengan semangat Pancasila yang kuat, saya yakin seluruh tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia akan dapat diatasi. Terlebih, di tengah krisis global yang terjadi, Indonesia berhasil menjaga stabilitas ekonomi, sosial, dan politik. Keberhasilan tersebut tentu merupakan sumbangsih gotong royong seluruh anak bangsa dengan ideologi Pancasila sebagai fondasi dasarnya,” tegas Razilu.

1 2Laman berikutnya
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button