Nasional

RA Summit 2024 Upayakan Terciptanya Resolusi Penyelesaian Permasalahan Pertanahan

Hadir membuka sekaligus menjadi pembicara kunci dalam Workshop ini, Plt. Deputi Bidang Koordinasi Pengembangan Wilayah dan Tata Ruang, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian, Susiwijono Moegiarso. Secara umum, ia menyampaikan arahan Menko Perekonomian mengenai peningkatan sinergi dan koordinasi antar K/L/D, terutama dalam penyeragaman data dan peta terkait tanah transmigrasi dan konflik agraria, serta untuk kemudahan dalam menentukan pola penyelesaian permasalahan yang dibutuhkan.

“Mengingat pentingnya pelaksanaan Reforma Agraria Summit 2024 nanti, melalui Workshop ini diharapkan dapat memberikan masukan yang konkret, resolusi yang nyata dalam penyelesaian permasalahan tanah transmigrasi dan konflik agraria di Indonesia,” harap Susiwijono Moegiarso.

Menurut Susiwijono Moegiarso, perlu dukungan anggaran khusus APBN maupun APBD serta dukungan prioritas dan sinkronisasi kegiatan Reforma Agraria di K/L pusat dan pemerintah daerah. “Kami juga sangat mengharapkan, dukungan dan kerja sama seluruh _stakeholders_ di dalam program Reforma Agraria,” pungkasnya.

Untuk diketahui, tujuan dari pelaksanaan Reforma Agraria Summit 2024 sendiri antara lain Penyampaian capaian Program Strategi Nasional (PSN) Reforma Agraria Tahun 2014 s.d. 2024; Penyusunan Baseline Reforma Agraria 2025-2029; dan sebagai tindak lanjut kesepakatan 9 menteri dalam GTRA Summit Karimun 2023. (srv)

Laman sebelumnya 1 2
mgid

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button