Langkah Bersama Kementerian PANRB, Papua, dan Papua Barat untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

INDOPOSCO.ID – Pemerintah saat ini tengah serius dalam upaya percepatan pembangunan kesejahteraan di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat, termasuk dalam peningkatan transformasi pelayanan publik yang terpadu.
Mewujudkan hal tersebut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) memberikan beberapa rekomendasi untuk peningkatan kualitas pelayanan publik di Papua dan Papua Barat.
“Untuk mengatasi berbagai kendala dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik di Papua dan Papua Barat kami kembali mengharapkan dukungan dari Bapak/Ibu pemerintah provinsi dan pihak terkait lainnya untuk bisa kita rancang dan sinergiskan program kerja dan sumber daya yang tersedia,” ujar Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB Diah Natalisa saat memberikan sambutan dalam acara Diskusi Awal Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Papua dan Papua Barat, di Jakarta, Kamis (2/2).
Apresiasi disampaikan Guru Besar Universitas Sriwijaya itu terhadap upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di Papua dan Papua Barat yang telah dilakukan selama 2022.
“Dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan publik di Papua dan Papua Barat, saya mengucapkan terima kasih atas kerja keras dan kerja sama yang baik dari Bapak dan Ibu sekalian selama tahun 2022,” ungkapnya.
Dijelaskan, langkah yang telah dilakukan seperti dalam pelaksanaan Pendampingan Penyusunan Standar Pelayanan, Pelaksanaan Forum Konsultasi Publik dan Survei Kepuasan Masyarakat di semua wilayah adat dan pemerintah kabupaten kota yang ada baik di Provinsi Papua dan Papua Barat.
Selanjutnya juga telah dilakukan Pemantauan Evaluasi Kinerja Pelayanan Publik (PEKPP). Menurut Diah, peranan evaluator dari provinsi sangat membantu Kementerian PANRB dalam memotret kualitas penerapan kebijakan Pelayanan Publik di Papua dan Papua Barat.