Nasional

Pembangunan IKN Nusantara Berkaitan dengan Proses Berbangsa dan Bernegara

INDOPOSCO.ID – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menyelenggarakan ATR/BPN Goes to Campus di Universitas Mulawarman, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur dengan tema “Peran Kementerian ATR/BPN dalam Menyiapkan Pembangunan Ibu Kota Negara”, pada Rabu (7/12/2022).

ATR/BPN Goes to Campus kali ini menghadirkan Wakil Menteri (Wamen) ATR/Wakil Kepala (Waka) BPN, Raja Juli Antoni sebagai pembicara kunci. Dalam sambutannya, ia bicara soal bagaimana proses pembangunan IKN Nusantara, yang berkaitan erat dengan proses berbangsa dan bernegara sebagai bagian dari Indonesia.

Raja Juli mengatakan, seiring dengan perkembangan proses demokrasi Indonesia yang semakin terbuka, sejalan pula dengan kebijakan otonomi daerah yang mengusung desentralisasi dalam mengatur kebijakan dan kekuasaan suatu daerah.

“Otonomi daerah itu menjadi wujud bahwa seluruh daerah di Indonesia sama pentingnya dengan kota besar seperti Jakarta,” jelasnya.

Raja Juli juga menjelaskan saat ini Indonesia terus melakukan pembangunan secara berkelanjutan. Hal ini dibuktikan dengan pembangunan yang tak hanya di Pulau Jawa saja, namun di seluruh Indonesia layaknya pembangunan trans Papua, trans Sumatra, bendungan, jembatan, dan penghubung moda transportasi seperti bandara.

Lebih lanjut ia menuturkan, pemindahan Ibu Kota Negara dari Jakarta ke Kalimantan Timur ini bukanlah keputusan sederhana dan telah melalui proses yang panjang. Karena menurutnya, langkah tersebut adalah memindahkan sentral kehidupan Indonesia yang selama ini berada di Jawa ke luar Jawa.

“Inilah yang kemudian menjadi wujud visi kebangsaan kita, yaitu keadilan milik seluruh rakyat Indonesia. Bahwa keadilan itu bukan hanya milik sekelompok tertentu saja,” terang Raja Juli.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button