Nasional

Komisi I DPR akan Kunjungi Kediaman Laksamana Yudo Usai Uji Kelayakan

INDOPOSCO.ID – Anggota Komisi I DPR, TB Hasanuddin, mengatakan, mereka berencana mengunjungi kediaman Laksamana TNI Yudo Margono untuk melakukan verifikasi faktual usai uji kelayakan dan kepatutan calon panglima TNI dilakukan.

“Kunjungan itu tidak tersirat dalam aturan hukum atau peraturan perundang-undangan tetapi besok ada rencana dari para pimpinan komisi plus perwakilan dari fraksi untuk datang ke rumah (Margono),” kata Hasanuddin di Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan, kedatangan mereka itu apabila perwira tinggi TNI AL itu telah diputuskan disetujui sebagai panglima TNI baru dengan melalui uji kelayakan dan kepatutan terlebih dahulu.

“Setelah keputusan, jadi setelah diputuskan disetujui baru didatangi kalau diputuskan tidak disetujui ya tidak didatangi,” ujarnya, seperti dikutip Antara, Kamis (1/12/2022).

Terlepas dari dinamika politik yang bisa saja terjadi, ia hampir dapat memastikan bahwa sebagai calon tunggal panglima TNI, Margono akan lulus uji kelayakan dan kepatutan dan menggantikan Panglima TNI, Jenderal TNI Andika Perkasa, yang pensiun pada 21 Desember nanti.

“Kalau saya melihat situasinya kemudian juga aturan perundang-undangannya, sepertinya ya disetujui, tapi ya tidak tahu… Khan namanya politik ada dinamika,” tuturnya.

Namun, ia menepis kepastian persetujuan itu karena semata Margono merupakan calon satu-satunya panglima TNI yang dipilih presiden sehingga tak ada lagi nama lain.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button