Nasional

BKSDA Kalteng Lepasliarkan Tiga Orangutan di Taman Nasional BBBR

INDOPOSCO.ID – Balai Konservasi Sumber Daya Alam Kalimantan Tengah bersama Borneo Orangutan Foundation melepasliarkan tiga orang utan hasil rehabilitasi ke hutan alam kawasan Taman Nasional Bukit Baka Bukit Raya (TNBBBR) Kabupaten Katingan, Provinsi Kalteng.

“Melalui pelepasliaran tiga individu orang utan di kawasan TNBBBR hari ini semoga menjadi momentum makin meningkatnya pemahaman bersama terkait pentingnya pelestarian satwa dilindungi endemik Kalimantan ini,” kata Kepala BKSDA Kalteng Sadtata Noor Adirahmanta di Palangka Raya, Jumat.

Tiga individu orang utan itu bernama Ben, Gonzales, dan Lima.

Pihaknya bertanggung jawab terhadap penyelamatan satwa, khususnya jenis satwa dilindungi dalam hal ini orang utan. Namun, dalam pelaksanaannya perlu dukungan para pihak.

“Pada kesempatan ini juga kami mengimbau kepada masyarakat untuk berperan lebih aktif dalam melindungi orang utan dan habitatnya agar mereka hidup bebas dan aman di habitat alaminya,” katanya.

Dia mengharapkan pelepasliaran tiga individu orang utan di kawasan TNBBBR itu menjadi momentum semakin meningkat pemahaman bersama, terkait dengan pentingnya pelestarian satwa dilindungi endemik Kalimantan.

Ia mengatakan bahwa dengan pelestarian orang utan di habitat alamnya sama halnya dengan menjaga keutuhan ekosistem hutan.

“Mari kita bersama-bersama menjaga satwa liar yang dilindungi serta menjaga hutan dan seisinya demi masa depan anak cucu kita,” ucapnya.

Kepala Balai TNBBBR Andi Muhammad Kadhafi menambahkan pelepasliaran tiga individu orang utan itu dilakukan di Sub Daerah Aliran Sungai (DAS) Hiran.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button