Nasional

Dua Anak Orangutan Diselundupkan, Menteri Siti Datangi Polres Lampung Selatan

INDOPOSCO.ID – Keberadaan satwa liar seperti orangutan sangat penting sebagai indikator keberhasilan pembangunan di Indonesia. “Terjaganya satwa-satwa dalam habitatnya menjadi ukuran keberhasilan pembangunan di Indonesia, ini yang kita jaga,” kata Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya mengatakan dalam keterangan tertulis diterima di Jakarta, Senin (3/5/2021).

Siti bersama Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem (KSDAE) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Kemen LHK) Wiratno yang mendatangi Kantor Kepolisian Resor (Polres) Lampung Selatan guna mengapresiasi kinerja tim aparat gabungan yang berhasil menggagalkan penyelundupan dua anak orangutan di Bakaheuni pada 26 April lalu meminta agar ada penelusuran asal muasal kedua satwa liar dilindungi itu.

Hal tersebut, menurut dia, agar dapat segera menentukan di wilayah mana mereka akan menjalani rehabilitasi sebelum dilepasliarkan ke habitatnya. Terdapat dua pusat rehabilitasi orangutan Sumatera, yaitu di Sumatera Utara dan Jambi.

“Orangutan merupakan salah satu mamalia besar di dunia selain gajah, badak dan harimau yang hidup di Indonesia, ditambah komodo dan anoa. Kita menyebutnya sebagai Flagship Species. Pada dasarnya terdapat 25 spesies prioritas yang kita perhatikan, termasuk bagaimana caranya agar populasinya di alam dapat kita tingkatkan,” ujar Siti dilansir Antara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button