Nasional

Aktivitas Keagamaan di Borobudur Jadi Perhatian Umat Budha Dunia

INDOPOSCO.ID – Aktivitas keagamaan di Candi Borobudur diharapkan menambah daya tarik umat Buddha dunia berkunjung ke Indonesia, khususnya Borobudur, kata Dirjen Bimas Buddha Kementerian Agama Supriadi.

“Dengan demikian, semakin meningkatkan kunjungan wisatawan dari dunia maupun domestik,” katanya usai pembukaan International Buddhist Conference di Bukit Dagi kompleks Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah, Jumat.

Berdasarkan keputusan empat menteri dan dua gubernur bahwa Candi Prambanan dan Borobudur dapat dimanfaatkan untuk kegiatan keagamaan umat Hindu dan Buddha Indonesia dan dunia.

Ia menyampaikan selama ini Candi Borobudur sudah ada pemanfaatan untuk hari besar keagamaan, yaitu Waisak dan Asada, ke depan akan dimanfaatkan juga untuk hari besar lainnya.

“Kami dari Ditjen Bimas Buddha Kementerian Agama menyelenggarakan kegiatan bersama dengan Asosiasi Perguruan Tinggi Buddha Indonesia dalam rangka memaknai atas penataan SKB empat menteri dan dua gubernur terkait dengan pemanfaatan Candi Borobudur untuk kepentingan ibadah Agama Buddha, baik umat Buddha Indonesia maupun dunia,” katanya.

Ia menyampaikan di sinilah rasa syukur itu untuk memaknai dengan konferensi internasional yang menghadirkan 10 negara, antara lain Srilanka, Thailand, Myanmar, Vietnam, India, Nepal, dan Kamboja.

Konferensi internasional tersebut dengan tema “Encountering the sacred: Borobuduras A Sife of Pilgrimage and Tourism for Buddhist World”

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button