Nasional

Epidemiolog: Vaksin Booster Lindungi Warga dari Varian Baru Covid-19

INDOPOSCO.ID – Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman menekankan pemberian vaksin COVID-19 dosis ketiga atau penguat menjadi modal penting dalam melindungi warga Indonesia dari munculnya subvarian baru.

“Kehadiran subvarian XBB COVID-19 di negara tetangga tentu dapat berdampak pada Indonesia. Kalau tidak memiliki proteksi dari booster akan rawan,” ujar Dicky dikonfirmasi di Jakarta, Kamis.

Ia mengemukakan, XBB merupakan sub-varian Omicron baru, saat ini sudah terdapat di negara tetangga, seperti Singapura dan Australia.

Berita Terkait

Menurutnya, hanya dengan modal booster dan juga disiplin 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas) serta 3T, yakni testing (pemeriksaan), tracing (pelacakan) dan treatment (pengobatan) akan mengurangi dampak dari subvarian baru.

“Ancaman gelombang tetap berpotensi ada, COVID-19 masih menjadi suatu ancaman, ini seiring dengan kehadiran subvarian baru,” tuturnya.

Dicky yang juga Praktisi dan Peneliti Global Health Security itu mengingatkan virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19 memiliki kemampuan bermutasi yang cepat.

“Kalau kita membuat pengabaian upaya mitigasi penyebaran penyakit ini maka membuat peluang COVID-19 bermutasi akan semakin besar,” katanya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button