Nasional

Prabowo Berpeluang Besar Peroleh Tiket Capres 2024

INDOPOSCO.ID – Direktur Eksekutif Skala Survei Indonesia (SSI) Abdul Hakim menyebutkan bahwa Prabowo Subianto memiliki peluang besar untuk memperoleh tiket sebagai calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

“Mengacu pada potret saat ini, sepertinya Prabowo Subianto yang berada pada posisi paling nyaman untuk mendapatkan tiket pencapresan,” kata Abdul saat memaparkan hasil survei berjudul “Peta Politik Nasional 12 Bulan Jelang Pendaftaran Capres” di kantor SSI, Jakarta Pusat, Senin.

Dari sisi elektoral melalui tolak ukur survei, kata Abdul, hingga saat ini ada tiga tokoh Indonesia yang selalu masuk dalam tiga besar kandidat yang memiliki tingkat elektabilitas tertinggi, di mana Prabowo Subianto unggul di antara Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

“Dalam survei SSI pada Oktober ini, elektabilitas Prabowo Subianto sebesar 30,3 persen, disusul Ganjar sebesar 22,3 persen dan Anies sebesar 20,8 persen. Tiga kandidat ini menjadi kelompok terdepan dalam balapan menuju 2024 dari sisi elektabilitas,” katanya

Kemudian, di posisi empat ada Ridwan Kamil yang memiliki tingkat elektabilitas sebesar enam persen, lalu Sandiaga Uno sebesar 3,5 persen, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) 3,3 persen Puan Maharani 2,4 persen dan Erick Thohir sebesar 2,3 persen.

Dari nama-nama peraih elektabilitas tertinggi itu, lanjut Abdul, jika dilihat dari sisi potensi mendapatkan tiket pencapresan dari sembilan partai politik (parpol) yang berkursi di DPR RI, baru Prabowo dan Anies saja yang telah dideklarasikan secara resmi oleh partai politik sebagai capres.

Baca Juga: Ganjar dan Prabowo Bersaing Ketat di Bursa Capres 2024

“Yakni Prabowo Subianto dari Partai Gerindra dan Anies Baswedan dari Partai NasDem. Sementara dua lainnya, yakni Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil hingga saat ini belum ada parpol yang secara resmi akan mencapreskan mereka,” tuturnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button