Nasional

Menkes: Komitmen FIF terkumpul 1,4 Miliar Dolar AS

INDOPOSCO.ID – Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin melaporkan penggalangan komitmen dana Financial Intermediary Funds (FIF) melalui Forum G20 telah terhimpun sekitar 1,4 miliar dolar AS hingga September 2022.

Dilansir dari keterangan tertulis Biro Humas Kementerian Kesehatan RI di Jakarta, Sabtu, dana tersebut diperuntukkan bagi peningkatan kapasitas respons, pencegahan, persiapan, dan deteksi menghadapi pandemi di masa depan.

“Covid-19 mengajarkan saat kita pulih dari krisis, kita harus mengambil langkah-langkah untuk memastikan bahwa kita harus membangun kapasitas kita untuk menghadapi wabah penyakit di masa depan dengan strategi yang efektif,” kata Budi Gunadi Sadikin, seperti dikutip dari Antarq, Sabtu (1/10/2022).

Presidensi G20 Indonesia menggagas FIF sebagai mekanisme pembiayaan yang lebih efektif dalam penanganan pandemi di masa depan.

Walaupun kondisi Covid-19 secara global telah membaik, kata Budi, tapi setiap negara harus memperkuat kapasitasnya dalam mempersiapkan, mencegah, mendeteksi, dan merespons penyakit yang akan muncul mendatang.

Baca Juga: Menteri Kesehatan Dorong Penggalangan Dana Darurat Pandemi ASEAN

Pesan itu disampaikan Budi dalam agenda Philanthropy Asia Summit 2022: Fireside Chat, di Singapura pada Jumat (30/9).

Upaya tersebut menjadi kepentingan bersama seluruh negara, terutama negara G20 dalam memperkuat arsitektur kesehatan menghadapi penyakit menular yang muncul, muncul kembali, serta membahayakan kesehatan masyarakat.

Pandemi COVID-19, lanjut Menkes Budi juga menjadi kesempatan Indonesia melakukan perbaikan sistem kesehatan di Tanah Air melalui enam pilar transformasi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button