Nasional

Dirasakan Skala Lokal di Indonesia, Ini Fenomena Bencana Berlawanan Tingkat Global

INDOPOSCO.ID – Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat fenomena bencana yang berlawanan dalam waktu yang bersamaan di tingkat global, juga dirasakan skala lokal di Indonesia.

Pelaksana tugas Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, dalam kurun satu bulan terakhir, fenomena bencana secara global terjadi berlawanan.

Misalnya di sebagian besar daratan China, yang mana terjadi kekeringan di Sungai Kuning dan beberapa daerah aliran sungai (DAS) lainnya serta gelombang panas, justru di negara tetangganya, Korea Selatan dilanda banjir yang sangat besar.

”Banjir di selatan Pakistan hingga saat ini belum dinyatakan surut, sehingga Indonesia akan memberikan bantuan untuk negara tersebut pada 27 September 2022,” katanya dalam Disaster Briefing diikuti di Jakarta, Senin (19/9/2022).

“Artinya ada fenomena cuaca panas, kekeringan, di tempat yang tidak jauh di sekelilingnya itu banjir besar,” ujar Abdul.

Contoh yang sama juga terjadi di benua Eropa, yang mana dalam kurun waktu akhir Agustus dan awal September didera gelombang panas, namun berbalik keadaan di Italia yang mengalami banjir.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button