Nasional

Menag Undang Menteri Haji Saudi ke Indonesia Negosiasi Biaya Masyair

INDOPOSCO.ID – Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengundang Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi Tawfiq F. Rabiah ke Indonesia untuk bernegosiasi perihal biaya Masyair atau layanan akomodasi jamaah dari Mekkah ke Arafah yang membengkak.

“Secara informal saya bicara dengan Menteri Haji Saudi dan mengundang ke Indonesia. Maksud saya, mau negosiasi di sini. Insya Allah beliau akan datang ke Indonesia 10 Oktober. Jadi di situ kesempatan kita,” ujar Menag Yaqut saat rapat evaluasi bersama Komisi VIII DPR RI di Jakarta, Rabu (31/8), seperti dikutip Antara.

Pernyataan Menag itu menanggapi pertanyaan dari sejumlah anggota DPR RI soal biaya Masyair dan menilai bahwa upaya Kemenag dalam bernegosiasi dirasa kurang.

Baca Juga : Pelunasan BPIH dan Konfirmasi Keberangkatan Haji Tembus 97,26 Persen

Pada penyelenggaraan ibadah haji 1443 Hijriah biaya Masyair naik dari SAR1.800 menjadi SAR5.656 atau setara Rp21,76 juta per orang. Kondisi itu membuat Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) naik.

Yaqut mengatakan saat otoritas Saudi mengumumkan kenaikan biaya Masyair, Kemenag langsung meresponnya dengan melayangkan nota protes hingga bernegosiasi secara langsung.

Dari hasil negosiasi tersebut, Kemenag tak mendapat timbal balik yang memuaskan dari Menteri Haji dan Umrah Arab Saudi.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button