Nasional

KJRI Hong Kong Ingatkan WNI Hati-Hati terhadap Tawaran Kerja

INDOPOSCO.ID – Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Hong Kong mengingatkan warga negara Indonesia (WNI) agar berhati-hati terhadap penawaran kerja dengan iming-iming gaji tinggi.

“WNI di Hong Kong diimbau agar berhati-hati dan waspada terhadap pesan ataupun pengumuman yang diunggah di media sosial yang menawarkan pekerjaan dengan gaji tinggi yang kemungkinan merupakan penipuan,” demikian pengumuman resmi KJRI Hong Kong yang dipantau Antara Beijing, China, Minggu (21/8).

Dengan mengutip informasi dari pihak Kepolisian Hong Kong, KJRI menyebutkan setidaknya ada tiga ciri penipuan berkedok lowongan kerja yang ditawarkan secara daring tersebut.

Pertama, pesan atau pengumuman palsu di media sosial yang menawarkan gaji tinggi, jam kerja fleksibel, dan tidak membutuhkan kualifikasi atau pengalaman tertentu.

Modus kedua, korban diminta untuk mengunjungi situs belanja palsu dan melakukan pembelian serta mengirim uang ke suatu bank yang ditunjuk dengan dijanjikan komisi dalam jumlah tertentu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button