Nasional

ASEAN Akan Percepat Proses Keanggotaan Timor Leste

INDOPOSCO.ID – Para menteri luar negeri Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara (ASEAN) sepakat untuk mempercepat proses permohonan keanggotaan Timor Leste ke perhimpunan tersebut.

Kesepakatan itu ditegaskan dalam komunike bersama (joint communique) yang dirilis usai Pertemuan Menlu ASEAN (AMM) di Kamboja pekan lalu.

“Mudah-mudahan dengan adanya komitmen politik tertulis dalam joint communique ini pertanda sudah waktunya Timor Leste segera masuk menjadi anggota ASEAN,” kata Kepala Biro Strategis Pimpinan Kementerian Luar Negeri RI Achmad Rizal Purnama dalam pengarahan media secara daring, Kamis (11/8), seperti dikutip dari Antara.

Rizal menjelaskan bahwa proses pengajuan diri Timor Leste menjadi anggota ASEAN sudah berlangsung selama 10 tahun terakhir, dengan adanya misi pencari fakta yang menilai kesiapan negara tersebut berdasarkan tiga pilar pencapaian komunitas ASEAN, yaitu politik- keamanan, ekonomi, dan sosial budaya.

Saat ini, hasil penilaian dari ketiga pilar itu telah selesai dan dilaporkan ke pertemuan tingkat menteri yang membawahi kerja dari misi pencari fakta tersebut.

“Setelah ini akan ada comprehensive assessment (penilaian menyeluruh) terkait rencana masuknya Timor Leste menjadi anggota ASEAN. Mudah-mudahan proses ini dapat bergulir lebih cepat,” tutur Rizal.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button