Nasional

Menko Polhukam: Pelaksanaan Pemilu Harus Disiapkan dengan Baik

INDOPOSCO.ID – Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD mengatakan pelaksanaan Pemilu 2024 harus dikawal dan disiapkan dengan baik, proses hukum dan anggarannya.

“Sebentar lagi pemilu, kita sepakat Pemilu 2024 kita yang harus kawal, kelembagaannya, proses hukumnya, anggarannya mungkin di Kementerian Keuangan tetapi kita harus kawal agar tidak boros tetapi tidak menyebabkan tidak bisa jalan. Apalagi beberapa bulan lagi ada pengumuman parpol yang terverifikasi di dalam pemilu, kita semua harus siap menjaga negara ini,” ujar Mahfud dalam keterangan tertulisnya, di Jakarta, Jumat.

Demikian juga dengan daerah otonomi baru atau DOB Papua, menurut Mahfud, perlu koordinasi yang baik, seperti persiapan pembentukan pemerintahannya dan memetakan daerah pemilihan (dapil) dan proses pemilu di daerah baru tersebut.

“Daerah otonomi baru di Papua ini juga pekerjaan sendiri. Karena itu terkait dengan banyak hal. Satu, dengan DOB dibentuk tiga provinsi, berarti awal 2023 harus sudah terbentuk pemerintahannya. Karena kita akan segera memetakan dapil dan proses pemilu di daerah baru yang di UU lama tidak ada,” kata Mahfud pula.

Dalam peluncuran Indeks Koordinasi Bidang Politik Hukum dan Keamanan (IKO-Polhukam), Mahfud juga menyinggung soal pentingnya koordinasi mengenai Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara dan DKI Jakarta kaitannya dengan momentum politik pada tahun 2024.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button