Nasional

Lewat FFD dan CSA, Petani Lombok Tengah Berhasil Tingkatkan Produktivitas

INDOPOSCO.ID – Para petani di kawasan Kelurahan Sasake, Kecamatan Praya Tengah, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Berat (NTB) semringah. Pasalnya mereka merasakan dampak dari kegiatan Farm Field Day (FFD) yang dilaksanakan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian.

Kepala Bidang Penyuluhan Dinas Pertanian Lombok Tengah, Fadjar Sapto Utomo mengatakan, rangkaian kegiatan acara dimulai dengan pelaksanaan ubinan di lahan Keompok Tani Pade Jujur II. Pada lahan tersebut, petani berhasil panen dengan total 5,2 ton per hektare varietas padi Inpari 32.

“Kegiatan FFD pada 7 Juli lalu sangat membantu petani. Terbukti secara produktivitas meningkat drastis,” kata Fadjar melalui keterangan tertulisnya, Kamis (14/7).

Baca Juga : Teruskan Regenerasi Petani melalui Bimtek Calon Pengusaha Petani Muda

Dia mengatakan, program FFD yang notabene bagian dari Climate Smart Agriculture (CSA) SIMURP (Strategic Irrigation Modernization and Urgent Rehabilitation Project), mampu meningkatkan kompetensi petani. Lewat FFD, petani berbagi pengalaman sekaligus saling sharing pengenai implementasi CSA.

“Mudah-mudahan kedepan bisa terus berlanjut dan semakin meningkat,” ucap Fadjar.

Hal senada diungkapkan Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi. Ia menjelaskan, FFD merupakan salah satu metode pemberdayaan petani melalui pertemuan antar petani, peneliti, dan penyuluh untuk saling bertukar informasi. Khususnya tentang teknologi pertanian yang diterapkan dan mendapatkan umpan balik dari petani mengenai masalah dan hambatan yang dihadapi dalam bertani.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button