Nasional

Putri Khairunnisa, Perempuan Pertama yang Jadi Ketua Umum KNPI

INDOPOSCO.ID – Jumat, 8 Juli 2022 adalah sejarah baru bagi Putri Khairunnisa. Tak hanya bagi Putri, tetapi sekaligus bagi Dewan Pengurus Pusat (DPP) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI).

Mantan Miss Asia Indonesia Awards 2017 ini, akhirnya terpilih secara aklamasi pada Kongres XVI Pemuda/KNPI 2022 yang diselenggarakan di sebuah hotel, Jakarta Utara sebagai Ketua Umum DPP KNPI.

Putri Khairunnisa tampaknya ingin berjuang agar kontribusi perempuan lebih banyak dalam formatur kepengurusan organisasi tersebut ke depan.

Momentum ini agaknya akan menjadi kesempatan bagi perempuan muda untuk bisa berproses di dalam mengkampanyekan kesetaraan perempuan yang ada di desa maupun yang di kota.

Putri mengatakan KNPI adalah wadah yang luar biasa besar bagi pemuda, khususnya perempuan, untuk bisa berkarya bagi bangsa.

Karena itu, ia menyampaikan apresiasi dan rasa terima kasihnya kepada organisasi-organisasi kepemudaan nasional dan juga Dewan Pengurus Daerah (DPD)-DPD Tingkat I atau provinsi, yang sudah membulatkan pilihannya kepada dia untuk memimpin pemuda KNPI di seluruh Indonesia.

Dalam waktu dekat, Putri akan menyusun formatur kepengurusan KNPI di berbagai bidang yang dinilai dapat membuka kesempatan kepada organisasi untuk terus berkarya.

Kualitas pemuda

Maju dan mundur sebuah bangsa ke depan, tampaknya tak akan pernah lepas peran dari para pemuda.

Pemuda adalah garda generasi penerus yang kontribusinya diperlukan sepanjang masa.

Putri pun, sebagai nakhoda baru di tubuh KNPI, tampaknya sudah memiliki rancangan program-program yang ingin diajukan ke depan terkait pengembangan pemuda.

Salah satu perannya adalah untuk bisa memajukan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) secara digital agar terus tumbuh ekonominya setelah masa pandemi.

Putri ingin sekali, pemuda segera ambil peran untuk memompa pertumbuhan ekonomi nasional setelah agak melambat saat dilanda pandemi Covid-19 dalam dua tahun terakhir.

Ia secara lugas menegaskan, seperti misi dan mimpi seluruh pemuda dan bangsa di seluruh Indonesia bahwasanya, harus terus bangkit dari keterpurukan di masa pandemi.

“Terus bahu-membahu menjalankan aktivitas ekonomi agar terus tumbuh,” ujar Putir.

Di sinilah bahu-membahu pemuda dalam program yang nantinya akan dia lakukan akan segera direalisasikan.

Melalui KNPI, Putri berkeyakinan persatuan pemuda di seluruh Indonesia adalah satu bentuk atau bukti nyata bahwasanya pemuda Indonesia siap untuk bisa melanjutkan perjuangan, kepemimpinan dan juga menjadi pemuda yang bermartabat.

Ekosistem digital

Untuk UMKM sendiri, Putri Pariwisata DKI Jakarta 2017 itu akan membentuk suatu pelatihan pengembangan ekosistem digital.

Pesertanya adalah anggota KNPI dari tingkat pusat, provinsi, DPD I, DPD II, tingkat kecamatan dari seluruh Indonesia akan ikut dilibatkan.

“Dalam hal ini, dengan adanya kami atau yang berhimpun di KNPI, semua akan bergerak untuk bisa melanjutkan apa yang menjadi impian bangsa ini,” kata Putri.

Tentunya tidak hanya itu, pertumbuhan ekonomi serta bagaimana peningkatan kualitas pemuda yang hari ini sudah luar biasa hebatnya akan terus dilanjutkan oleh Putri.

Kader KNPI yang sedang menempuh Pascasarjana Kajian Ketahanan Nasional di Universitas Indonesia (UI) itu sudah merancang agenda pelatihan pendidikan politik, pendidikan kepemimpinan, maupun pelatihan lain.

Semua itu nantinya akan dijadikan salah satu program KNPI yang dapat dijadikan contoh dan bermanfaat bagi nusa bangsa.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button