Nasional

Keren, Alpine akan Tingkatkan Partisipasi Perempuan di F1

INDOPOSCO.ID – Alpine pada Kamis meluncurkan program untuk memberi peluang lebih besar bagi perempuan untuk bekerja di tim F1 milik Renault itu dan membantu para pembalap perempuan mencapai kompetisi level teratas itu dalam setengah abad terakhir.

Tercatat hanya ada dua perempuan yang ikut balapan Formula 1 sejak kejuaraan dunia itu dimulai pada 1950, yang terakhir adalah mendiang Lella Lombardi asal Italia pada 1976.

Chief executive Alpine, Laurent Rossi mengatakan kepada Reuters bahwa gagasan awalnya berangkat dari transformasi Alpine sebagai pabrikan mobil dan sebagai tim dan mematahkan mitos dengan memberikan peluang yang sama bagi perempuan.

“Kami ingin memastikan kami memberi akses ke semua pekerjaan, semua kesempatan di Alpine, kepada perempuan,” kata dia, seraya menambahkan perusahaan yang ia pimpin akan membuat perempuan mengisi separuh dari posisi komite eksekutif mereka, seperti dikutip Antara, Kamis (30/6/2022).

“Dengan tidak memiliki representasi yang seimbang dari perempuan dalam tenaga kerja kami, saya pada dasarnya menghalangi Alpine dan saya sendiri mendapatkan 50 persen talenta di luar sana… Saya seakan kehilangan separuh dari tim saya,” kata dia.

Tujuan dari program itu adalah meningkatkan persentase perempuan yang bekerja bagi perusahaan menjadi 30 persen dalam lima tahun dari yang sebelumnya sebesar 12 persen.

Perempuan mengisi hanya 10 persen posisi di dalam tim F1 yang berbasis di Inggris itu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button