Nasional

Tingkatkan Kapasitas SDM, Kembangkan Pertanian dari Hulu hingga Hilir

INDOPOSCO.ID – Kementerian Pertanian (Kementan) RI terus meningkatkan produktivitas sektor pertanian melalui peningkatan kapasitas dan kompetensi sumber daya manusia (SDM) pertanian di berbagai daerah, salah satunya di Melawi, Kalimantan Barat.

Kali ini, upaya yang dilakukan Kementan melalui Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan Negeri (SMK-PPN) Banjarbaru ini berkolaborasi dengan Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI.

Kepala BPPSDMP Kementan, Dedi Nursyamsi menegaskan, bimbingan teknis (bimtek) yang dilakukan ini sebagai wujud peningkatan kapasitas petani dan penyuluh dalam mengembangkan pertanian dari hulu hingga hilir.

“Pembinaan dapat dilakukan melalui bimbingan pelatihan dari aspek kelembagaan, sarana prasarana, ketenagaan, penyelenggaraan pelatihan atau permagangan, usaha dan jejaring kerja,” ujarnya, dalam keterangannya, Juma (26/5/2022).

Hal ini sejalan dengan harapan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang menyebutkan pertumbuhan pertanian harus diikuti oleh SDM yang andal.

“SDM pertanian yang andal dapat meningkatkan bobot pertumbuhan ekonomi dan meningkatnya kesejahteraan masyarakat, salah satunya dengan meningkatkan kapasitas serta kualitas petani dan penyuluh sebagai ujung tombak kegiatan pertanian,” kata dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button