Nasional

Mahasiswa STIK-PTIK Dorong RUU PDP Segera Disahkan

INDOPOSCO.ID – Mahasiswa S1 Angkatan 79 Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian-Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK-PTIK) mendorong pemerintah agar segera mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) Perlindungan Data Pribadi mengingat tingginya ancaman serangan siber.

“Zaman digital seperti sekarang ini semuanya serba mudah. Namun, ancamannya sangat besar terkait rawannya kebocoran data pribadi warga,” kata Perwakilan Angkatan 79 STIK-PTIK Pinilih Waluyo Jati melalui keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu.

Angkatan 79 STIK-PTIK akan mengadakan seminar bertajuk “Strategi Perlindungan Data Pribadi: Perspektif Kepolisian Kontemporer” yang akan diadakan pada Selasa (19/4).

Berita Terkait

Untuk mengupas tuntas pentingnya RUU Perlindungan Data Pribadi, STIK-PTIK akan menghadirkan sejumlah pemateri berkompeten dari dalam maupun luar negeri.

Pemateri tersebut, yakni Justin Jin-Hyuk Choi dari Korea Selatan. Jin Hyuk adalah profesor “cyber crime” dan “criminal investigation” dari Korean National Police University (KNPU). Sedangkan sebagai pemateri kunci, yaitu Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna H. Laoly.

Waluyo selaku Ketua Panitia Seminar tersebut mengatakan pandemi COVID-19 membuat era digital semakin terakselerasi dengan pesat. Semua orang mau tidak mau berbondong-bondong menggunakan perangkat digital.

Akselerasi digital, kata dia, memang berdampak positif. Sebab, individu tetap bisa terhubung dan melakukan pertemuan melalui perangkat digital.

Namun, era digital menghadirkan celah ancaman besar. Era digital mengharuskan siapa saja mengirimkan data-data pribadi agar bisa menjalankan perangkat digitalnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button