Nasional

W20 Menginisiasi Aksi Nyata Dorong Kemajuan UMKM Perempuan Melalui Transformasi Digital

INDOPOSCO.ID – Women20 (W20) menggelar pertemuan kedua dengan konsep Online dan Offline (Hybrid) selama dua hari (8-9 Maret 2022) di Kota Batu Jawa Timur dengan fokus kepada isu prioritas kedua dari beberapa isu prioritas lainnya yaitu “UMKM Milik Perempuan: Kunci Pertumbuhan Inklusif”.

Pertemuan kedua ini juga bertepatan dengan peringatan “Women International Day”. Dalam pertemuan kedua akan membahas beberapa hal penting terkait pentingnya UMKM mendapatkan layanan akses finansial dan pemanfaatan teknologi digital sehingga menjadi penggerak ekonomi global.

Side Event ke-2 ini dilaksanakan dua hari. Di dalam pembukaan acara, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia, Bintang Puspayoga menyampaikan apresiasi terhadap komitmen Women 20 (W20) Indonesia dalam upaya meningkatkan status perempuan secara global, khususnya dalam konteks pemulihan sosio-ekonomi pada lingkup Group of Twenty (G20) yang terdampak pandemi Covid-19.

Menteri PPPA menyatakan pemerintah Indonesia akan terus memperluas kesempatan untuk meningkatkan akses finansial kepada UMKM, khususnya perempuan.

Baca Juga : Antusiasme Pecinta Sepak Bola Dorong Kebangkitan UMKM Bali

“Sebagai wujud atensi penuh dan berkelanjutan Pemerintah Indonesia dalam mendukung UMKM dan mencapai kesetaraan gender, KemenPPPA memiliki komitmen yang sejalan dengan 5 (lima) prioritas arahan Presiden Joko Widodo, yaitu peningkatan pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berspektif gender. Komitmen tersebut menempatkan pemberdayaan ekonomi perempuan di depan karena ketahanan ekonomi perempuan bukan hanya tentang mata pencaharian tetapi juga salah satu kunci untuk melindungi dan memenuhi hak-hak dasar perempuan,” ujar Menteri PPPA.

Penyelenggaraan event di hari pertama dibuka dengan perayaan International Women’s Day dengan menunjukkan aksi-aksi konkret dari Women20 dalam mendorong pemberdayaan perempuan, pertama, W20 Italia dan Indonesia menginisiasi bentuk kerjasama antar UMKM sebagai W20 Initiative, dimana program ini sejalan dengan isu prioritas W20 dan pengejawantahan dari komitmen W20 terkait UMKM. Dalam waktu dekat inisiatif ini akan dilanjutkan dalam bentuk MoU antara kota Milan dan Garut untuk pengembangan UMKM kerajinan kulit. Dengan inisiatif yang sudah dijalankan ini diharapkan ke depannya dapat diperluas jangkauan kerjasama antar UMKM dari berbagai negara baik anggota G20 ataupun negara-negara di dunia.

Kedua, program W20 Sispreneur untuk UMKM yang diinisiasi oleh XL Axiata melalui program Sisternet akan berlangsung sejak 8 Maret – 19 Juli 2022. program ini dalam bentuk inkubasi, dimana selama inkubasi berlangsung peserta yang lolos seleksi akan diberikan 4 kelas pelatihan yaitu segmentasi pasar & inovasi produk, literasi finansial digital, perencanaan bisnis, dan konten dan digital marketing. UMKM perempuan dapat mengikuti proses seleksi program ini dengan cara mengirimkan tulisan ke aplikasi Sisternet yang bisa di download di google playstore & apple store mulai 20 Maret – 25 April 2022. Program ini juga akan memberikan hadiah permodalan kepada pemenang sebesar 300 Juta Rupiah, yang akan diumumkan dan diberikan pada saat W20 Summit di Danau Toba, 19 Juli 2022

Ketiga, diluncurkan juga sebuah program yang diberi nama perwujudan ekonomi inklusi bagi teman-teman penyandang disabilitas. Nantinya program ini akan memfasilitasi berupa peningkatan kemampuan diri penyandang disabilitas melalui berbagai pelatihan agar mereka dapat berwirausaha yang bernilai komersil, serta pemberdayaan keterampilan dan pengelolaan usaha bagi penyandang disabilitas.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button