Nasional

Wapres Sebutkan Empat Strategi Hadapi Bencana

INDOPOSCO.ID – Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyebutkan empat strategi dalam menghadapi bencana di acara penutupan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Penanggulangan Bencana Tahun 2022 di Jakarta, Kamis (24/2).

“Saya ingin menyampaikan empat hal penting untuk menjadi perhatian segenap jajaran BNPB (Badan Nasional Penanggulangan Bencana), BPBD (Badan Penanggulanga Bencana Daerah), termasuk dalam menindaklanjuti kesepakatan Rakornas Penanggulangan Bencana Tahun 2022,” kata Wapres melalui konferensi video dari Jakarta, Kamis (24/2), seperti dikutip Antara.

Pertama, kata Wapres, penguatan mitigasi dan kesiapsiagaan bencana harus tetap dijadikan prioritas dalam meningkatkan ketahanan dan ketangguhan bencana. Hal itu sebagaimana amanat dari Rencana Induk Penanggulangan Bencana 2021-2044.

Wapres menjelaskan capaian penanganan Covid-19 harus dimanfaatkan sebagai momentum untuk meningkatkan edukasi dan kolaborasi dengan semangat gotong-royong. Sehingga, kesadaran, kepedulian, dan budaya masyarakat dalam menghadapi bencana tidak hanya tangguh, tetapi juga aktif dalam menjaga lingkungan dan kelestarian alam.

Kedua, Wapres menekankan agar penanganan tanggap darurat terus diperkuat, terutama percepatan proses penanganan guna mengurangi korban dan kerugian.

Ketiga, lanjutnya, proses pemulihan pascabencana harus semakin diperbaiki. Sebab, menurut Wapres, masa pemulihan merupakan salah satu fase terpenting dalam membangun motivasi dan kepercayaan masyarakat untuk dapat bangkit dari akibat bencana yang dialaminya.

“Penguatan proses pemulihan pascabencana tidak kalah penting. Prinsip membangun kembali menjadi lebih baik, lebih aman dan berkelanjutan, build back better, safer, and sustainable, perlu diupayakan dengan pelibatan unsur masyarakat dan mitra secara partisipatif. Dalam hal ini, prinsip tujuan pembangunan berkelanjutan sekaligus ditegakkan, leave no one behind,” jelasnya.

Wapres juga meminta masyarakat terdampak bencana kembali menjalani kehidupan normal dan baik. Sehingga, seluruh proses pemulihan pascabencana dapat selesai secara tuntas.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button