Nasional

Peneliti Ingin Presidensi G20 Dorong Transformasi Sistem Pendidikan

INDOPOSCO.ID – Peneliti Center for Indonesian Policy Studies Nadia Fairuza mendorong agar Presidensi Indonesia di G20 dapat memprioritaskan transformasi sistem pendidikan untuk beradaptasi terhadap disrupsi akibat pandemi Covid-19.

“Pandemi Covid-19 menunjukkan banyak permasalahan yang selama ini tidak kelihatan dan evaluasi yang didapat dari pembelajaran jarak jauh harus menjadi masukan untuk mempercepat transformasi sistem pendidikan menjadi adaptif dan resilient,” kata Nadia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (15/2/2022).

Ia menuturkan empat agenda Indonesia yang akan turut dibahas G20 di bawah kepemimpinan Indonesia pada 2022 adalah pendidikan bermutu untuk semua, teknologi digital dalam pendidikan, solidaritas dan kemitraan, serta masa depan dunia kerja setelah pandemi.

Menurut Nadia, keempat agenda tersebut sangat berkaitan satu sama lain. Akses pendidikan bermutu dapat didukung teknologi melalui kemitraan antara pemerintah dan pihak swasta.

Baca Juga: Ini Kata Ahli Epidemiologi Terkait Presidensi G20

Sementara pendidikan bermutu akan mendukung terciptanya sumber daya manusia kompeten yang dapat menjawab tantangan masa depan pascapandemi.

Dari sisi pembelajaran, Nadia menuturkan sistem pendidikan Indonesia perlu fokus pada penguasaan kompetensi dasar siswa seperti keterampilan dasar, transferable, digital dan job-specific.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button