Nasional

KKP-GEF Sinergi Wujudkan Kebijakan Penangkapan Ikan Terukur

INDOPOSCO.ID – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) bersinergi dengan lembaga multilateral Global Environment Facility (GEF) membuat 52 rencana kegiatan pada tahun anggaran 2022 untuk mewujudkan penangkapan ikan terukur.

“Rencana kerja tahunan yang disepakati ini untuk mendukung terobosan KKP yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan dan keberlanjutan sumber daya kelautan dan perikanan, salah satunya melalui kebijakan penangkapan ikan terukur dan kampung nelayan maju,” tutur Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan Direktorat Jenderal Perikanan Tangkap KKP Ridwan Mulyana dalam siaran pers di Jakarta, Jumat.

Kerja sama proyek GEF-6, tutur dia, dilaksanakan dengan menerapkan pendekatan pengelolaan perikanan berbasis ekosistem dengan target di Wilayah Pengelolaan Perikanan Negara Republik Indonesia (WPPNRI) 715, 717 dan 718. Ada pula lokasi percontohan proyek berada di Kabupaten Mengerikan Bagian Timur, Kabupaten Teluk Wondama dan Kabupaten Maluku Tenggara.

Secara umum, lanjutnya, berbagai kegiatan yang dilaksanakan di 3 lokasi percontohan tersebut di antaranya menyediakan distribusi akses investasi, penjualan hasil buruan ikan dan diversifikasi usaha nelayan.

Baca juga : KKP Kembangkan Lobster di Lombok Timur

Selain itu pengembangan korporasi nelayan melalui penguatan usaha perikanan tangkap dari hulu ke hilir, sasi merek, penguatan pengawasan tingkat provinsi, serta regulasi pemanfaatan telur ikan terbang sebagai inovasi baru dalam pengelolaan perikanan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button