Nasional

Kemenkes Sinyalir Terjadi Kesalahan SOP Pelayanan Bumame

INDOPOSCO.IDKementerian Kesehatan RI beranggapan terjadi pelanggaran standar operasional prosedur (SOP) yang dilakukan oknum pegawai penyedia layanan test PCR dan Antigen Bumame Farmasi yang berujung kritik konsumen pada Rabu (2/ 2).

“Ini kalau human error artinya ada prosedur internal dan SOP yang harus dipatuhi,” tutur Juru Bicara Kementerian Kesehatan RI Siti Nadia Tarmizi yang dikonfirmasi di Jakarta, Jumat.

Nadia mengatakan SOP merupakan suatu alur kerja dalam pelayanan test PCR dan Antigen yang sudah terstandarisasi serta menjadi bimbingan sebagai suatu petunjuk pelaksanaan.

“Jika kesalahan itu terbukti merugikan konsumen, maka perlu dilihat apakah sudah pelanggarannya,” ucapnya.

Baca Juga : Kominfo Telusuri Kebocoran Data 6 Juta Pasien di Server Kemenkes

Menurut Nadia Kementerian Kesehatan telah menyerahkan segala bentuk pengawasan dari penyedia layanan test PCR dan Antigen kepada pemerintah daerah setempat sesuai domisili tempat usaha.

Pun dengan keputusan penjatuhan sanksi yang telah diserahkan seluruhnya kepada pemerintah daerah setempat. “Ini sanksi dan pengawasan di pemerintah daerah,” ucapnya.

Sebelumnya, penyedia layanan test PCR dan Antigen Bumame Farmasi dikritik konsumen karena dugaan terjadi kesalahan dalam melaporkan hasil PCR.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button