Nasional

Dorong Ekspor , Bea Cukai Jalin Koordinasi dengan Berbagai Instansi

INDOPOSCO.ID– Upaya peningkatan ekspor nasional terus dilakukan pemerintah. Berbagai strategi telah dilakukan, seperti menjaga pasar dan produk utama, mengasistensi pelaku UMKM yang berorientasi ekspor, utilisasi perjanjian dagang, juga implementasi aturan-aturan yang dapat menyederhanakan dan memberi kepastian dalam proses perizinan dan persetujuan ekspor.

Bea Cukai pun telah membuat strategi untuk mendorong ekspor melalui pelaksanaan sosialisasi-sosialisasi fasilitas kepabeanan kepada UMKM untuk menggali potensi ekspor juga menjalin kerja sama dengan dengan berbagai instansi untuk mengasistensi para pelaku UMKM agar dapat melakukan ekspor atas produknya, seperti yang dilakukan Bea Cukai Ambon. Kepala Kantor Bea Cukai Ambon Saut Mulia, pada Jumat (14/01) mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Kepala Disperindag Provinsi Maluku, Elvis Patisselano untuk membahas progres kesiapan ekspor PT Kamboti.

“Pada pertemuan yang terselenggara di tanggal 12 Januari 2022, disampaikan laporan perkembangan rencana ekspor dan kendala terkait proses pengambilan sampel untuk uji aflatoksin di Lab Angler Surabaya. Pihak pemerintah provinsi telah berkomunikasi dengan Kepala Dinas Pertanian/ Ketahanan Pangan untuk proses pengambilan simultan dengan perbaikan gudang penyimpanan PT Kamboti berdasarkan hasil audit tim OKKPD Provinsi Maluku. Selanjutnya, kami akan membahas kendala dan perkembangan proses ekspor perdana PT Kamboti yang ditargetkan akan ekspor di akhir bulan Januari,” ungkap Saut.

Baca Juga : Teten Apresiasi Platform NTB Mall Bawa Produk UMKM Tembus Pasar Global

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button