Nasional

Gerry Soejatman Menilai Pengawasan Kedatangan Pelaku Perjalanan dari Luar Negeri Diklaim Lebih Baik

INDOPOSCO.ID – Pengamat penerbangan dari Jaringan Penerbangan Indonesia (Japri) Gerry Soejatman menilai pengawasan kedatangan pelaku perjalanan dari luar negeri sudah baik, guna mencegah persebaran varian Omicron di Indonesia.

Namun, tidak menjadi jaminan dapat menghentikan peningkatan transmisi penularan. Tercatat berdasarkan data Kementerian Kesehatan, bahwa ada dua penambahan kasus transmisi lokal Covid-19 varian Omicron di Surabaya, Jawa Timur.

Sehingga total kasus Omicron di Indonesia saat ini mencapai 138. Sebagian besar kasus tersebut merupakan kasus dari luar negeri sebanyak 135 dan tiga kasus transmisi lokal.

“Pengawasan kedatangan (pelaku perjalanan dari luar negeri) kita lebih bagus daripada banyak negara kok. Namun, itu bukan jaminan tidak akan ada kebobolan yah,” kata Gerry melalui gawai, Jakarta, Senin (3/1/2022).

Menurutnya, masih banyak negara yang tidak pakai pmeriksaan ketat. Bahkan masih ada yang tidak ada pemeriksaan untuk kedatangan internasional. Namun, ia tidak menyebut secara detail sejumlah negara yang dimaksud.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button