Nasional

Muktamar Ke-34 NU Rekomendasikan RUU Perubahan Iklim Menuai Apresiasi

INDOPOSCO.ID – Perhatian NU terhadap isu perubahan iklim memberikan harapan baru pada arah kebijakan Indonesia dalam menyikapi fenomena krisis iklim di masa depan. Resonansi moral itu memperoleh sambutan baik dari pemerintah dan DPD.

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah RI Sultan Baktiar Najamudin mengapresiasi salah satu rekomendasi eksternal muktamar ormas islam terbesar di Indonesia, Nahdlatul Ulama (NU) yang ke-34.

Adapun hasil rekomendasi Muktamar NU yang menarik perhatian pembicara kunci Wakil Parlemen Indonesia dalam KTT perubahan iklim COP26 Glasgow tersebut adalah terkait gagasan Rancangan Undang-Undang Perubahan Iklim.

“Kita patut berbangga dan memberikan penghormatan yang tinggi terhadap kualitas Muktamar NU ke 34 yang tidak saja menghasilkan sosok Ketua Umum yang intelek dan merupakan seorang diplomat ulung, namun juga menghadirkan sebuah gagasan universal yang sangat dibutuhkan oleh bangsa ini,” ungkap Sultan saat dimintai keterangannya di Jakarta, Senin (27/12).

Menurutnya, perhatian NU terhadap isu perubahan iklim telah memberikan harapan baru pada arah kebijakan Indonesia dalam menyikapi fenomena krisis iklim di masa depan. Resonansi moral ini harus disambut baik oleh pemerintah dan DPR.

“DPD RI sejak lama sudah pada posisi yang jelas dan tegas, bahwa sebagai negara yang rentan terhadap krisis iklim, sudah saatnya kita membutuhkan sebuah payung hukum yang inklusif dan komprehensif dalam memproteksi segala kemungkinan dan realitas ancaman perubahan iklim,” ujar mantan Wakil Gubernur Bengkulu itu.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button