Nasional

Sidang Pleno Tetapkan 9 AHWA untuk Tentukan Rais Aam PBNU 2021-2026

INDOPOSCO.ID – Sidang pleno Muktamar ke-34 NU telah menetapkan 9 tim Ahlul Walii Wal Aqdi (AHWA) yang akan menentukan siapa kiai sepuh yang akan mengemban tugas sebagai Rais Aam Pengurus BNU periode 2021-2026.

9 AHWA itu yakni K.H Dimyati Rais, K.H Mustofa Bisri, K.H Maruf Amin, K.H Anwar Mansur, K.H.TG.Turmudzi, K.H Miftachul Akhyar, K.H Nurul Juda Jazuli, K.H Buya Ali Akbar Marbun, dan K.H Zainal Abidin.

Merujuk tata teratur Muktamar, pemilihan Rais Aam PBNU disetujui menggunakan sistem AHWA. Dengan model ini, Rais Aam akan diseleksi oleh 9 orang yang mendapat mandat PCNU dan PWNU menjadi AHWA. Model AHWA menitikberatkan pada pendekatan musyawarah mufakat.

Baca Juga : PBNU Dorong Kesadaran Toleransi Beragama di Tengah Masyarakat

Sedangkan penentuan Ketua Umum Tanfidziyah PBNU diprioritaskan dengan cara mufakat, namun jika tidak menemui titik terang maka akan dilakukan pemungutan suara(voting). Para calon akan memperebutkan dukungan dari pemilik suara, yakni PCNU, PCINU, PWNU, PBNU, dan badan otonom.

Ketua Komite Pengarah(SC) Muktamar Ke-34 NU sekaligus pimpinan sidang pleno, M. Nuh, mengatakan setelah ditetapkan, 9 AHWA ini akan bermufakat untuk menentukan siapa yang akan menjadi Rais Aam selanjutnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button