Nasional

Kasus TPPU Mantan Bupati Mojokerto, KPK Panggil 6 Saksi

INDOPOSCO.ID – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), melakukan penyidikan perkara dugaan Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU) dengan tersangka mantan Bupati Mojokerto, Jawa Timur,  Mustofa Kamal Pasa (MKP).

KPK memanggil enam saksi untuk diperiksa guna melengkapi berkas perkara tersangka MKP.

“Hari ini (14/12/2021) bertempat di Polres Mojokerto Kota, tim penyidik mengagendakan pemanggilan saksi-saksi,” kata Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Selasa (14/12/2021).

Ali menjelaskan, saksi-saksi yang diperiksa yakni Susantoso, Sholikin, Budiono, Nano Santoso Hudiarto, Handika Tri Mulya dan Siswan Sunardi.

Untuk diketahui, KPK telah mengumumkan Mustofa Kamal Pasa (MKP) sebagai tersangka TPPU pada 18 Desember 2018. Dari penerimaan gratifikasi oleh Mustofa sekitar Rp34 miliar, KPK menemukan dugaan TPPU oleh yang bersangkutan.

Mustofa disangkakan melanggar pasal 3 dan/atau pasal 4 Undang-Undang Nomor 8 tahun 2010 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Tindak Pidana Pencucian Uang.

Mustofa diduga menerima fee dari rekanan pelaksana proyek-proyek dl lingkungan Pemkab Mojokerto, dinas/Organisasi Perangkat Daerah (OPD), camat, dan kepala sekolah SD-SMA di lingkungan Kabupaten Mojokerto. Total pemberian gratifikasi setidak-tidaknya sebesar Rp34 miliar.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button