Nasional

Dirkamtib Dirjenpas Sidak di Lapas Narkotika Samarinda, Ini Hasilnya

INDOPOSCO.ID – Direktur Keamanan dan Ketertiban (Dirkamtib) Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Abdul Aris melakukan inspeksi mendadak (sidak) dengan Satuan Operasional Kepatuhan Internal (Satops Patnal) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Timur di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Narkotika Samarinda, Kamis (9/12) malam.

Dari operasi tersebut sejumlah barang terlarang berhasil diamankan dari kamar hunian Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) oleh Satops Patnal Kanwil Kemenkumham Kalimantan Timur yang terdiri dari petugas gabungan dari Divisi Pemasyarakatan (Divpas), Rumah Tahanan Negara (Rutan) Samarinda, Lapas Samarinda, dan Lapas Narkotika Samarinda.

Terdapat 12 blok hunian WBP yang menjadi target sidak. Semua kamar hunian dan badan WBP tak luput dari pemeriksaan petugas gabungan.

Kepala Divpas Kanwil Kemenkumham Kalimatan Timur, Jumadi, saat mendampingi Dirkamtib memimpin sidak gabungan menuturkan sidak dan tes urine rutin telah dilaksanakan, baik di Lapas maupun Rutan wilayah Kalimantan Timur, khusunya di Lapas Narkotika Samarinda yang berlangsung malam tadi.

“Tujuannya tentu agar Lapas Narkotika Samarinda serta Lapas dan Rutan di wilayah Kalimantan Timur terbebas dari barang-barang terlarang yang berpotensi mengakibatkan gangguan kamtib,” ujar Jumadi.

Beberapa barang yang berhasil diamankan, yakni handphone, sendok besi, terminal listrik, senjata tajam, dan berbagai barang terlarang lainnya.

Adapun barang barang terlarang yang berhasil diamankan segera didata untuk selanjutnya dimusnahkan. Tidak hanya itu, pada kegiatan tersebut dilakukan tes urine bagi 22 WBP dengan mengambil sampel secara acak pada masing-masing blok hunian.

“Kegiatan ini merupakan bagian dari agenda monitoring antisipasi gangguan kamtib di Lapas dan Rutan jelang Natal dan tahun baru guna melihat kesiapan di lapangan. Lebih dari pada itu, kami juga ingin memastikan tidak ada peredaran narkoba di Lapas,” ungkap Dirkamtib, Abdul Aris.

Ia juga mengingatkan seluruh jajaran Divpas Kalimantan Timur bahwa hasil sidak kali ini harus menjadi bahan evaluasi bersama dan meminta untuk terus melaksanakan semangat Back to Basics Pemasyarakatan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button