Nasional

Dukungan Pemda Wujudkan Link and Match Vokasi dan Kebutuhan Industri

INDOPOSCO.ID – Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Vokasi (Diksi), Kemendikbudristek Wikan Sakarinto mengapresiasi perhelatan Gebyar Menara Vokasi di lima wilayah (Medan, Pekanbaru, Banjarmasin, Labuan Bajo dan Kolaka).

“Kegitan ini untuk mewujudkan pendidikan vokasi yang selaras dengan kebutuhan industri serta relevan dengan pembangunan di daerah dan skala nasional,” ujar Wikan Sakarinto dalam acara daring, Selasa (7/12/2021).

Menurut dia, untuk mewujudkan link and match dengan kebutuhan industri, vokasi tidak bisa berjalan sendiri. Dan itu menjadi tantangan. “Kita harus tinggalkan cara tradisional, jangan kita mendidik dengan keyakinan sendiri yang ternyata sudah tidak relevan dengan kebutuhan industri yang kebaruannya begitu cepat,” katanya.

Dikatakan dia, fokus pembentukan akselerator daerah sendiri mengacu pada program destinasi super prioritas dan pembangunan ekonomi di kawasan 3T (tertinggal, terdepan dan terluar).

“Kita butuh dukungan dan komitmen dari pemerintah daerah, terutama dalam mengatasi persoalan ketenagakerjaan,” ungkapnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button