Nasional

Manfaatkan TIK sebagai Alat Perkuat Nilai Budaya dan Penguatan Karakter Siswa

INDOPOSCO.ID – Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi (Kapusdatin), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) M. Hasan Chabibie mengatakan, untuk mewujudkan pembelajaran digital, tak hanya sekadar infrastruktur yang perlu dibangun. Namun juga aspek kemanusiaan yang akan mengembangkan inovasi.

“Pendidik harus mengawal pendidikan karakter dan nilai-nilai budaya yang perlu diketahui anak-anak bangsa,” ujar M Hasan Chabibie dalam keterangan, Minggu (5/12/2021).

Ia menuturkan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) bisa menjadi alat bagi pendidik untuk mewujudkan pendidikan karakter dan nilai-nilai budaya.

Baca Juga : Kemkominfo bersama Kemendikbud Ristekdikti Ajak Masyarakat Membuat Rekam Jejak Digital Positif di Internet

Dia berharap masyarakat semakin tertarik untuk mengeksplor pembelajaran digital untuk mendukung metode pembelajaran hibrida.

‚ÄúPendidikan karakter yang juga menjadi sorotan di pembelajaran digital juga perlu disikapi dengan bijak. Di saat sebagian orang tua meragukan pembelajaran daring dan sebagian guru mengkhawatirkan berkurangnya karakter peserta didik kita, jangan lupa bahwa TIK menyediakan peluang untuk membagikan nilai-nilai positif,” katanya.

Ia menyebut, ada sebelas rekomendasi International Symposium On Open, Distance, and e-Learning (ISODEL) 2021. Di antaranya: disrupsi teknologi membawa perubahan sistemik yang cepat dalam pendidikan yang perlu disikapi secara strategis.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button