Nasional

Pemerintah Terus Berkomitmen Atasi Wasting dan Stunting

INDOPOSCO.ID – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) menegaskan, pemerintah terus berkomitmen memberikan berbagai intervensi untuk mengatasi wasting dan stunting.

“Pemerintah Indonesia terus memberikan berbagai intervensi, baik intervensi spesifik maupun sensitif untuk mengatasi akar penyebab permasalahan gizi ini,” ujar Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Kementerian PPN/Bappenas, Subandi Sardjoko, dalam forum pertemuan tingkat tinggi rencana aksi global wasting pada anak di Indonesia yang diikuti secara daring di Jakarta, Selasa (30/11/2021).

Secara garis besar, lanjut dia, kebijakan dan strategi yang dilakukan untuk menurunkan kebiasaan wasting dan stunting selaras dan tidak dapat dipisahkan satu dan lainnya.

Ia menyampaikan, intervensi untuk menanggulangi permasalahan-permasalahan gizi itu dilakukan dengan pendekatan multisektoral yang melibatkan seluruh pihak, baik pemerintah maupun nonpemerintah.

Baca Juga: Pemkot Depok Optimalkan Penanganan Stunting

“Oleh karena itu peran dan dukungan lintassektor, yaitu dunia usaha, perguruan tinggi, lembaga penelitian, organisasi profesi, organisasi masyarakat, dan mitra pembangunan sangatlah dibutuhkan dalam upaya perbaikan gizi yang komprehensif dan berkesinambungan,” tuturnya.

Ia mengemukakan, wasting menjadi salah satu target nasional dalam RPJMN dengan target penurunan menjadi tujuh persen pada Tahun 2024.

“Sementara itu target penurunan prevalensi wasting pada tujuan ketiga dalam SDGs adalah menjadi tiga persen pada Tahun 2030,” ujarnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button