Nasional

Cegah Omicron, Indonesia Perlu Belajar dari Tujuh Negara Ini

INDOPOSCO.ID – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menyatakan, Indonesia harus melakukan pembelajaran dari tujuh negara yang telah melakukan langkah mitigasi penanganan penularan varian Covid-19 B.1.1.529 atau Omicron.

Varian Omicron ditetapkan WHO sebagai varian under monitoring (VUM) pada 24 November 2021 dan 2 hari setelahnya ditetapkan sebagai varian of concern (VOC).

Badan Kesehatan Dunua (WHO) juga menyatakan efektivitas vaksin, testing dan obat-obatan yang ada saat ini terhadap varian Omicron, masih dikaji.

“Meskipun kasus positif di Indonesia masih terus menunjukkan penurunan, namun kita tidak boleh lengah,” kata Wiku dalam laman Satgas Covid-19, Jakarta, Rabu (1/12/2021).

Merujuk pada tujug negara dengan kasus Omicron, telah melakukan langkah mitigasi. Seperti di Italia melakukan penelusuran kontak kasus positif pelaku perjalanan ke negara-negara di Afrika.

Meningkatkan kapasitas penelusuran kontak secara umum, serta meningkatkan cakupan WGS agar semakin cepat mendeteksi varian Omicron.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button