Nasional

Kemenkes Alokasikan Rp46,464 Triliun untuk Bantuan Iuran JKN Tahun Depan

INDOPOSCO.ID– Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin mengatakan pemerintah mengalokasikan anggaran Rp46,464 triliun untuk masyarakat Penerima Bantuan Iuran(PBI) Jaminan Kesehatan Nasional(JKN) pada 2022.

“Kami sudah menganggarkan PBI JKN 2022 untuk 96,8 juta jiwa dengan rata-rata iuran Rp40 ribu per bulan sehingga anggaran yang ada di Kemenkes untuk PBI JKN Rp46,464 triliun,” tutur Budi Gunadi Sadikin dalam Rapat Dengar Pendapat(RDP) Data Terpadu Kesejahteraan Sosial yang diiringi dari YouTube DPR RI di Jakarta, seperti dikutip Antara, Rabu (24/11/2021).

Budi mengatakan alokasi tersebut dihitung melalui pertemuan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, Kementerian Keuangan, dan Kementerian Kesehatan RI.

Menurut Budi kepastian dari alokasi dana tersebut akan didetetapkan berdasarkan masukan dari Kementerian Sosial sebelum diverifikasi oleh BPJS Kesehatan.

“Insya Allah di November bisa selesai sehingga bisa dibayarkan sesuai data yang diajukan Kemensos,” tuturnya.

Budi mengatakan angka tersebut mengalami penurunan jumlah peserta PBI berdasarkan verifikasi berkala yang dilakukan Kementerian Sosial.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button