Nasional

Bea Cukai Adakan Audiensi Terkait Ketentuan Kepabeanan

INDOPOSCO.IDBea Cukai menggelar sosialisasi di empat daerah dalam rangka memberi audiensi terkait ketentuan kepabeanan kepada para pengguna jasa. Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Pubilkasi Bea Cukai, Tubagus Firman Hermansjah menyebutkan sosialisasi kali ini digelar oleh Kantor Bea Cukai Soekarno Hatta, Bea Cukai Lhokseumawe, Bea Cukai Semarang, dan Bea Cukai Malang.

Bea Cukai Soekarno-Hatta memberi audiensi mengenai ketentuan impor barang diplomatik, dalam rangka rencana kedatangan penumpang anggota delegasi Pemerintah Australia. Firman memaparkan bahwa terdapat beberapa rencana kunjungan Pemerintah Australia di kemudian hari, yaitu pertemuan G-20 serta rangkaian acara lainnya yang akan dilaksanakan di Indonesia.

Baca Juga : Tunjukkan Kinerja Optimal, Bea Cukai Batam dan Pangkalan Bun Catat Pertumbuhan Penerimaan

Untuk penanganan barang bawaan penumpang, kata Firman, Bea Cukai tetap mengacu pada Peraturan Menteri Keuangan nomor 203/PMK.04/2017 tentang Ketentuan Ekspor dan Impor Barang yang Dibawa Penumpang dan Awak Sarana Pengangkut. Namun untuk barang bawaan penumpang milik delegasi Perwakilan Negara Asing (PNA), bisa mendapatkan fasilitas.

“Pada dasarnya, terhadap barang impor milik PNA, baik yang melalui mekanisme impor umum, barang kiriman, maupun barang bawaan penumpang, bisa mendapatkan Pembebasan Bea Masuk dan Pajak Dalam Rangka Impor. Pemberian fasilitas tersebut, berdasarkan azas timbal balik dengan negara lain, dan juga sesuai arahan dari KemenLu,” jelasnya.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button