Nasional

Kampus Diminta Susun Pedoman Pencegahan Kekerasan Seksual

INDOPOSCO.ID – Perguruan tinggi diminta untuk menyusun pedoman pencegahan dan penanganan kekerasan seksual sebagai bagian dari terbitnya Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi yang ditetapkan pada 31 Agustus 2021.

Dalam peraturan yang terdiri atas 58 pasal itu, disebutkan sejumlah kewajiban perguruan tinggi dalam pencegahan kekerasan seksual dilakukan melalui pembelajaran, penguatan tata kelola, dan penguatan budaya komunitas mahasiswa, pendidik, dan tenaga kependidikan.

Pada pasal 6 dijelaskan pencegahan melalui pembelajaran yakni pemimpin perguruan tinggi mewajibkan mahasiswa, pendidik, dan tenaga kependidikan untuk mempelajari modul pencegahan dan penanganan kekerasan seksual yang ditetapkan oleh kementerian.

Sementara itu pada tata kelola, perguruan tinggi perlu merumuskan kebijakan yang mendukung pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di perguruan tinggi, membentuk satuan tugas, menyusun pedoman pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. Selain itu juga, membatas pertemuan antara mahasiswa dengan pendidik dan atau tenaga kependidikan di luar jam operasional kampus, dan atau di luar area kampus.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button