Nusantara

28 Kumbang Moncong Jenis Baru Ditemukan di Sulawesi

INDOPOSCO.ID – Sebanyak 28 kumbang moncong (Curculionidae) jenis baru dari genus Trigonopterus ditemukan di Pulau Sulawesi.

“Temuan jenis baru menjadi penting bagi kepentingan bangsa dan negara, karena sebagian besar biodiversitas kita belum ada yang meneliti dan potensinya begitu banyak,” kata Kepala Pusat Riset Biologi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Anang Setiawan Achmadi dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, Kamis (4/11).

Kumbang itu ditemukan oleh peneliti bidang zoologi dari Museum Zoologicum Bogoriense (MZB) Pusat Riset Biologi BRIN Raden Pramesa Narakusumo dan peneliti dari Natural History Museum Karlsurhe, Dr Alexander Riedel.

Penemuan kumbang moncong jenis baru itu menggenapi temuan mereka sebelumnya, yakni 103 jenis kumbang Trigonopterus pada 2019, sehingga total jumlah Trigonopterus yang telah terdiskripsi di Pulau Sulawesi menjadi 132 jenis.

Anang menuturkan penemuan kumbang moncong itu menjadi sangat penting sebagai langkah untuk terus mendapatkan informasi dan inventarisasi jenis fauna, khususnya serangga di Indonesia.

Selain itu, studi taksonomi dan sistematika adalah alas awal bagi studi lanjutan seperti konservasi hingga bioprospeksi.

Sementara itu peneliti Pramesa mengatakan mayoritas lokasi penemuan kumbang moncong adalah Gunung Dako serta Gunung Pompangeo, Sulawesi Tengah.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button