Nasional

Kasus Korupsi Mantan Bupati Banjarnegara, KPK Periksa 5 Saksi

INDOPOSCO.ID – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memeriksa lima saksi untuk melengkapi berkas perkara tersangka mantan Bupati Banjarnegara, Jawa Tengah, Budhi Sarwono.

Budhi menjadi terangka dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi pemborongan, pengadaan atau persewaan pada Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banjarnegara tahun 2017-2018 dan penerimaan gratifikasi.

“Rabu (27/10/2021) bertempat di Kantor Ditreskrimsus Polda Jateng, Kota Semarang, Jawa Tengah, tim penyidik telah memeriksa sejumlah saksi untuk tersangka Budhi Sarwono (BS) dan kawan-kawan,” ujar Pelaksana Tugas (Plt) Juru Bicara KPK, Ali Fikri, Kamis (28/10/2021).

Ali menyebutkan bahwa kelima saksi yang telah diperiksa itu yakni Wahyudiono (ajudan bupati), Susmono Dwi Santoso (wiraswasta), Febriana Eriska Putri (staf keuangan PT Adi Wijaya), Prihono (Direktur CV Pilar Abadhi) dan Cion Pramundita (Sekretaris Kecamatan Kalibening)

Ali menjelaskan para saksi hadir dan didalami pengetahuannya antara lain terkait dengan dugaan hadir langsungnya tersangka Budhi Sarwono (BS) maupun tersangka Kedy Afandi (KA) dalam memberikan pengarahan untuk para pengusaha yang akan mengerjakan berbagai proyek di Pemkab Banjarnegara.

“Arahan tersebut diduga antara lain terkait adanya pembagian persentase fee untuk tersangka Budhi Sarwono (BS),” kata Ali.

Untuk diketahui, mantan Bupati Banjarnegara Budhi Sarwono dijerat KPK dalam kasus dugaan korupsi terkait proyek infrastruktur. Budhi diduga turut serta dalam pemborongan atau pengerjaan proyek baik langsung maupun tidak langsung di Pemkab Banjarnegara.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button