Nasional

Kolaborasi Pemangku Kepentingan Penting Untuk Akselerasi 5G

INDOPOSCO.ID – Direktur Standardisasi Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Mulyadi mengatakan kolaborasi pemangku kepentingan penting untuk mengakselerasi 5G di Indonesia.

“Penting sekali bagi pemangku kepentingan untuk berkolaborasi demi mempercepat 5G,” kata Mulyadi seperti dikutip Antara, Rabu (27/10/2021).

Lebih lanjut, ia menjelaskan masing-masing peran para pemangku kepentingan. Pertama adalah Kementerian Kominfo yang memiliki peran untuk memberikan arah pengembangan teknologi, menyediakan playing field dengan regulasi. Lalu, memfasilitasi untuk pengembangan ekosistemnya, dan terakhir adalah sebagai orkestrator pengembangan TIK.

Selanjutnya, adalah Kementerian/Lembaga Sekretariat Pemerintah Daerah. “K/L sekretariat memfasilitasi pengembangan 5G di sektor masing-masing. Lalu, pemda memberikan fasilitasi untuk pembangunan infrastruktur pasif di daerah masing-masing,” jelas Mulyadi.

Kolaborasi selanjutnya datang dari industri TIK yang terdiri dari vendor perangkat, perusahaan rintisan (startup), pengembang (developer), komunitas, dan lainnya. Mereka diharapkan mampu berperan dalam menghadirkan 5G di semua segmen smartphone.

“Selanjutnya, mengembangkan aplikasi/konten dengan fitur 5G, dan bekerja sama dengan para operator untuk mengembangkan solusi 5G,” kata dia.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button