Nasional

Kementerian ATR/BPN Siap Percepat Sertipikasi Tanah Aset Pertamina

INDOPOSCO.ID – Percepatan pendaftaran tanah yang dilakukan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) tidak hanya untuk masyarakat, melainkan juga tanah-tanah aset Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Pendaftaran tanah terus dilakukan dengan tujuan salah satunya untuk meminimalisir terjadinya permasalahan pertanahan di kemudian hari.

“Kami siap melakukan itu dan tentunya ke depan nanti ada suatu kolaborasi antara Kementerian ATR/BPN dengan PT Pertamina (Persero),” kata Sekretaris Jenderal Kementerian ATR/BPN, Himawan Arief Sugoto, sebelum penandatanganan Perjanjian Kerja Sama antara Kementerian ATR/BPN dengan PT. Pertamina (Persero) di Bali, Jumat (22/10/2021).

Dia melanjutkan, tanah aset PT Pertamina (Persero) tersebar di 17 Provinsi dan 33 Kabupaten/Kota di Indonesia. Luasan tanah aset menurut data PT Pertamina (Persero) seluas 62 bidang tanah dengan luas 15.926.224 m2. Menurut Sekretaris Jenderal, Kementerian ATR/BPN berkomitmen untuk membantu PT Pertamina (Persero) dalam penyertipikatan aset-asetnya yang berupa tanah. Sebelumnya, Kementerian ATR/BPN juga membantu pendaftaran aset-aset tanah milik PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN.

Baca Juga : Ungkap Modus Mafia Tanah, Menteri ATR Juga Beri Imbauan Penting

Untuk melaksanakan pendaftaran tanah milik PT Pertamina (Persero), Himawan berharap adanya suatu rencana aksi (action plan) yang lebih detail serta pembahasan secara intens. Selain itu, dengan adanya Perjanjian Kerja Sama ini munculnya suatu benefit bagi kedua belah pihak.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button