Nasional

Koalisi Masyarakat Sipil Minta Polri Perhatikan Konflik Agraria

INDOPOSCO.ID – Koalisi Masyarakat Sipil untuk keadilan agraria meminta jajaran Kepolisian Indonesia, untuk memperhatikan konflik agraria yang merugikan rakyat, terutama petani.

Keputusan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo telah menerbitkan surat telegram yang ditujukan kepada seluruh Kepala Kepolisian Daerah di Indonesia. Sekalipun banyak diapresiasi, namun instruksi tersebut masih dapat kritik.

Surat telegram itu dikeluarkan pada 19 Oktober 2021 berkenaan dengan perintah untuk menindak tegas anggotanya terhadap kasus kekerasan yang berlebihan.

Menurut Juru Bicara International NGO Forum on Indonesian Development (Infid), Intan Bedisa masih ada oknum aparat justru digunakan pihak tertentu untuk melumpuhkan masyarakat, termasuk para petani yang memperjuangkan haknya.

“Dalam kasus-kasus konflik lahan, pertambangan dan kasus sumber daya alam lainnya diduga turut melibatkan aparat. Baik sebagai backing, maupun pembiaran terhadap perusahaan yang beroperasi secara ilegal,” kata Intan dalam keterangannya, Sabtu (23/10/2021).

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button