Nasional

Bupati Kuansing Minta Rp 2 Miliar untuk Perpanjangan Izin HGU Sawit

INDOPOSCO.ID – Bupati Kuantan Singingi (Kuansing) Provinsi Riau, Andi Putra telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terkait kasus suap izin Hak Guna Usaha (HGU) sawit di wilayah itu.

Tidak hanya itu, KPK juga menetapkan tersangka dari pihak swasta yakni General Manager PT Adimulia Agrolestari, Sudarso, selaku pemberi suap perpanjangan izin HGU sawit.

Kedua tersangka hingga saat ini masih berada di Riau, belum dibawa ke Gedung Merah Putih KPK, karena masih menjalani pemeriksaan secara intensif untuk melengkapi berkas penyidikan.

Berdasarkan konstruksi perkara yang disampaikan KPK, terungkap bahwa Bupati Kuansing Andi Putra meminta uang sebesar Rp 2 miliar kepada PT Adimulia Agrolestari untuk perpanjangan izin HGU perkebunan sawit di Kabupaten Kuansing.

Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar mengatakan, kasus ini berawal dari PT. Adimulia Agrolestari yang sedang mengajukan perpanjangan HGU yang dimulai pada tahun 2019 dan akan berakhir ditahun 2024. Di mana salah satu persyaratan untuk kembali memperpanjang HGU dimaksud adalah dengan membangun kebun kemitraan minimal 20 % dari HGU yang diajukan.

Lokasi kebun kemitraan 20 % milik PT Adimulia Agrolestari yang dipersyaratkan tersebut, terletak di Kabupaten Kampar di mana seharusnya berada di Kabupaten Kuantan Singingi.

Agar persyaratan ini dapat terpenuhi, Sudarso selaku General Manager PT. Adimulia Agrolestari, kemudian mengajukan surat permohonan ke Andi Putra selaku Bupati Kuantan Singingi dan meminta supaya kebun kemitraan PT Adimulia Agrolestari di Kampar disetujui menjadi kebun kemitraan.

Selanjutnya, kata Lili, dilakukan pertemuan antara Sudarso dan Andi Putra. Dalam pertemuan tersebut Andi Putra menyampaikan bahwa kebiasaan dalam mengurus surat persetujuan dan pernyataan tidak keberatan atas 20 % Kredit Koperasi Prima Anggota (KKPA) untuk perpanjangan HGU yang seharusnya dibangun di Kabupaten Kuantan Singingi dibutuhan minimal uang Rp2 Miliar;

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button