Nasional

Pakar: Long Covid-19 Perlu Jadi Perhatian

INDOPOSCO.ID – Gejala berkepanjangan atau “long Covid-19” di tengah situasi pandemi yang kian surut perlu menjadi perhatian dalam upaya penyediaan sarana prasarana perawatan kata pakar ilmu kesehatan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FK UI) Prof Tjandra Yoga Aditama.

“Kita tahu bahwa long Covid-19 juga punya aspek ekonomi dan asuransi kesehatan, khususnya apakah keluhan yang ada akan dapat ditanggung asuransi atau akan dapat menjadi alasan untuk gangguan pekerjaan yang akan dialami pasiennya,” katanya dalam pernyataan tertulis yang diterima di Jakarta, Senin (18/10/21), seperti dikutip Antara.

Guru Besar Paru FKUI itu mengatakan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah mengumpulkan pendapat para pakar dari berbagai negara dalam bentuk Konsensus Delphi untuk membuat definisi keadaan “long Covid-19” dan dipublikasi pada 6 Oktober 2021.

Ia mengatakan penyintas kerap kali mengeluh berbagai gejala yang cukup berkepanjangan sesudah dia dinyatakan sembuh dari Covid-19, ada yang beberapa pekan bahkan sampai beberapa bulan setelah pulih.

Dalam publikasi WHO, kata dia, disebutkan bahwa pengertian tentang “long COVID” yang disebut sebagai “Post Covid” atau dalam bahasa Indonesia dipakai istilah pasca-Covid.

Tjandra mengatakan kondisi long Covid dapat terjadi pada seseorang dengan status probable atau terkonfirmasi Covid-19. Biasanya keluhan terjadi sesudah tiga bulan dari awal gejala dengan keluhan yang berlangsung setidaknya dua bulan.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button