Nasional

BNPP Cek Zona Pendukung PLBN Entikong dan Pembukaan Aktifitas Lintas Batas Negara

INDOPOSCO.ID – Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) melakukan peninjauan dan pengecekan serta koordinasi terhadap Barang Milik Negara (BMN) hasil pembangunan tahap II di Zona Pendukung PLBN Entikong yang akan dilakukan alih status dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat ke BNPP.

Sekretaris BNPP, Restuardy Daud, menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai tindak lanjut koordinasi bersama BNPP dan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR, untuk memastikan fungsi serta menyelesaikan masalah pada BMN yang akan dialih statuskan ke BNPP.

Hal ini sekaligus untuk mengecek kesiapan pengoperasiannya pasca dibukanya aktivitas lalu lintas batas orang dan barang ke Malaysia. Sebagaimana diketahui saat ini Pemerintah Malaysia masih menutup pelintasannya, dan kita menggunakan waktu yang ada untuk mempersiapkan sarana dan prasarana di PLBN.

Infrastruktur yang dibangun pada zona pendukung PLBN Entikong akan menjadi salah satu sentra pengembangan kawasan disekitar PLBN yang dapat menggerakkan aktivitas ekonomi masyarakat sekaligus memanfaatkan potensi pasar di nengara tetangga. Hal tersebut sesuai arahan Bapak Presiden RI dan Bapak Mendagri, selaku Kepala BNPP untuk menjadikan PLBN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi baru.

Baca Juga : Dorong Wisata, Kemen PUPR Bangun 430 Sarhunta di Bromo, Tengger, Semeru

Saat ini juga sudah terbangun Terminal Barang Internasional Entikong oleh Kementerian Perhubungan yang akan menjadi fasilitas infrastruktur pendukung di kawasan PLBN Entikong. Dari peninjauan ke PLBN Entikong yang dilaksanakan pada Sabtu (16/10/2021) tersebut diketahui bahwa terdapat 319 barang yang akan dialih statuskan kepada BNPP.

1 2Laman berikutnya
Sponsored Content
Back to top button